Monday, 2 May 2016

ini dia alasan mengapa hari pendidikan nasional jatuh pada tanggal 2 mei


Assalamuaiakum Wr.Wb

     Salam sejahtera untuk kita semua...



2 mei sebagai hari pendidikan nasional

      Saat kita ditanya mengapa Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei, ternyata itu adalah hari Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dilahirkan.
Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara, EYD: Ki Hajar Dewantara, beberapa menuliskan bunyi bahasa Jawanya dengan Ki Hajar Dewantoro; lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun[1]; selanjutnya disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD") adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.
Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.
Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)
Soewardi berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam dengan semangat antikolonial.
Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Sejak berdirinya Boedi Oetomo (BO) tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia (terutama Jawa) pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Kongres pertama BO di Yogyakarta juga diorganisasi olehnya.
Soewardi muda juga menjadi anggota organisasi Insulinde, suatu organisasi multietnik yang didominasi kaum Indo yang memperjuangkan pemerintahan sendiri di Hindia Belanda, atas pengaruh Ernest Douwes Dekker (DD). Ketika kemudian DD mendirikan Indische Partij, Soewardi diajaknya pula.
Sewaktu pemerintah Hindia Belanda berniat mengumpulkan sumbangan dari warga, termasuk pribumi, untuk perayaan kemerdekaan Belanda dari Perancis pada tahun 1913, timbul reaksi kritis dari kalangan nasionalis, termasuk Soewardi. Ia kemudian menulis "Een voor Allen maar Ook Allen voor Een" atau "Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga". Namun kolom KHD yang paling terkenal adalah "Seandainya Aku Seorang Belanda" (judul asli: "Als ik een Nederlander was"), dimuat dalam surat kabar De Expres pimpinan DD, tahun 1913. Isi artikel ini terasa pedas sekali di kalangan pejabat Hindia Belanda. Kutipan tulisan tersebut antara lain sebagai berikut.
"Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan sekarang kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau aku seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya".
Beberapa pejabat Belanda menyangsikan tulisan ini asli dibuat oleh Soewardi sendiri karena gaya bahasanya yang berbeda dari tulisan-tulisannya sebelum ini. Kalaupun benar ia yang menulis, mereka menganggap DD berperan dalam memanas-manasi Soewardi untuk menulis dengan gaya demikian.
Akibat tulisan ini ia ditangkap atas persetujuan Gubernur Jenderal Idenburg dan akan diasingkan ke Pulau Bangka (atas permintaan sendiri). Namun demikian kedua rekannya, DD dan Tjipto Mangoenkoesoemo, memprotes dan akhirnya mereka bertiga diasingkan ke Belanda (1913). Ketiga tokoh ini dikenal sebagai "Tiga Serangkai". Soewardi kala itu baru berusia 24 tahun.
Dalam pengasingan di Belanda, Soewardi aktif dalam organisasi para pelajar asal Indonesia, Indische Vereeniging (Perhimpunan Hindia).
Di sinilah ia kemudian merintis cita-citanya memajukan kaum pribumi dengan belajar ilmu pendidikan hingga memperoleh Europeesche Akte, suatu ijazah pendidikan yang bergengsi yang kelak menjadi pijakan dalam mendirikan lembaga pendidikan yang didirikannya. Dalam studinya ini Soewardi terpikat pada ide-ide sejumlah tokoh pendidikan Barat, seperti Froebel dan Montessori, serta pergerakan pendidikan India, Santiniketan, oleh keluarga Tagore. Pengaruh-pengaruh inilah yang mendasarinya dalam mengembangkan sistem pendidikannya sendiri.
Soewardi kembali ke Indonesia pada bulan September 1919. Segera kemudian ia bergabung dalam sekolah binaan saudaranya. Pengalaman mengajar ini kemudian digunakannya untuk mengembangkan konsep mengajar bagi sekolah yang ia dirikan pada tanggal 3 Juli 1922: Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa. Saat ia genap berusia 40 tahun menurut hitungan penanggalan Jawa, ia mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara. Ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun jiwa.
Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipakainya kini sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia. Secara utuh, semboyan itu dalam bahasa Jawa berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. ("di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan"). Semboyan ini masih tetap dipakai dalam dunia pendidikan rakyat Indonesia, terlebih di sekolah-sekolah Perguruan Tamansiswa.
Dalam kabinet pertama Republik Indonesia, KHD diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (posnya disebut sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan) yang pertama. Pada tahun 1957 ia mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) dari universitas tertua Indonesia, Universitas Gadjah Mada. Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum, ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959).
Beliau meninggal dunia di Yogyakarta tanggal 26 April 1959.

beberapa lagu anak-anak yang terlupakan......




Assalamualaikum Wr.Wb



Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.....     



        




      Seiring perjlanan waktu dan jaman yang semakin berkembang kebiasaan anak-anak kecil jaman sekarang sudah beralih fungsi menjadi lebih condong ke permainan gadget yang semakin canggih dan dilengkapi beberapa picture yang lebih bagus bahkan anak-anak jaman sekarang lebih handal bermain gadget daripada orangtuanya, mungkn anak sekarang sekarang sudah lupa atau bahkan tidak tahu dengan lagu-lagu anak yang dulu pernah popoler dan sekarang mungkin sedikit demi sedikit sedah terlupakan… berikut beberapa lagu yang pernah popular dan hampir terlupakan....

1. Tik tik tik bunyi hujan
     Ciptaan : ibu Sud

2. Naik-naik kepuncak gunung
    Ciptaan : Ibu Suda

3. Naik kereta api
    Cipataan : Ibu Sud

4. Naik delman
    Ciptaan : Ibu Sud

4. Ambilkan Bulan Bu
    Ciptaan:  bapak AT Mahmud

5. Pelangi
    Ciptaan : bapak AT Mahmud

7. Bintang kecil      
   ciptaan: bapk  Daljono


 berikut beberapa lagu anak-anak yang pernah populer pada masanya dan sekarang mungkin hapir terlupana oleh perkembangaN waktu...

beberapa alasan menjadi guru... nah kalian termasuk yang mana?



Assalamualaikum Wr.Wb



Salam Sejahtera Untuk Kita Semua....





Menjadi seorang guru adalah cita-cita kebanyakan orang, karena menjadi seorang adalah agen perubahan untuk dunia ini manjadi lebih baik dan  guru pula yang  jasa dan ilmu yang diberiakan kepada siswa yang selalu diingat oleh semua siswa, nah apakah menjadi guru sebuah keinginan atau hanya sekedar iseng saja? Nah sekarang saya ingin berbagi beberapa alasan mengapa ingin menjadi seorang guru..

1. Karena ibu saya guru

2. Ingin memajukan pendidikan Indonesia

3. Ingin menjdi panutan

4. Ingin memperbaiki moral siswa

5. Ingin dapat gaji

6. Guru itu ilmunya selalu berkembang

7. Guru itu pintar

8. Guru itu penyabar

9. Ingin mampu berbicara didepan banyak orang

10. Karena dihargai semua orang

11. Karena kerjanya gampang

12. Guru membuat orang tidak tahu menjadi tahu

13. Guru akan menjadi panutan

15. Ingin mengabdi pada masyarakat

16. Ingin dipanggil pak guru atau bu guru

17. Ingin menjadi guru profesioanal

18. Ingin mencerdaskan kehidupan bangsa

19. Karena guru bukan hanya mengajar tapi juga mengajar

20. Karena ingin ilmunya bermanfaat

21. menjadi sumber ilmu

22. ingin membantu sesama manusia

23. guru mampu menilai keberhasilan mengajar

24. disuruh orang tua

24. karena tidak ada lagi pekerjaan

25. karena keinginan diri sendiri dari hati yang paling dalam karena merasa pendidikan indonesia masih mburadul...





mungkin sekian beberapa alasan yang dapat saya berikan selebih dan kurangnya silahkan komen..karena pada dasarnya menjadi guru adalah ibadah untum mencapai manusia yang berguna baik dunia maupun akhirat...

Saturday, 30 April 2016

lima game yang mampu meningkatkan kinerja otak....




Assalamualaikum Wr.Wb



Salam Sejahtera Untuk Kita semua 






           Terkadang banyak orang yang menganggap bahwa maen game itu memiliki evek negative bagi perkembangan otak anak,memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa beberapa game memang sangat tidak berguna bahkan bermain game bisa menyebabkan naik darah,emosi berlebihan,kecanduan dan bahkan ada juga yang sampai menyebabkan metaian, Akan tetapi jangan salah bahwa jaman sekarang banyak juga game yang sangat membantu bagi pemkembangan otak anak, jaman dengan semakin berkembang pembuatan game semakin hari semakin banyak dan salah satunya game asah otak yang mampu meningkatkan kinerja otak bagi anak-anak, berikut saya akan memberikan beberapa game yang membantu perkembangan otak bagi anak.

1. Brain trainer special
                Dalam game ini kawan semua bisa bermain dengan berbagai macam teka-teki tentang bagaimana kawan semua bisa memecahkan macam teka-teki matematika, bisa menghafal nomor dan ururan huruf.

2. Super Family
                Dalam game ini kawan semua bisa berfikir panjang atau men terka apa saja survey tentang pengetahuan alam,metematika,lingkungan hidup dan masih banyak lagi, game ini membantu otak anak untuk mencari tahu apa saja yang ada pada top survey yang ada.

3. Teka teki silang (TTS)
                Mungkin game ini sudah tidak asing lagi bagi kawan  semua, game ini memksa kawna semua untuk berfikir keras untuk bisa mengisi TTS tersebut, bahkan untuk main TTS terkadang kita membutuhkan masukan atau idea dari teman kita snediri.

4. Math genius brain trainer
                Game ini berbentuk puzzle yang sangat menyenangkan, game ini berbasis matematika, game ini mempunyai 3 level yaitu easy, medium dan hard, game ini mampu meningkatkan focus dan konsentrasi yang tinggi.

5. Fit brain trainer
                Game ini sangat mengasyikan sekali dan bermanfaat dengan sesi latihan yang bisa kawan seua ubah sehingga lebih cocok dengan pengetahuan kawan semua.


Mungkin game-game ini sangat membantu bagi perkembangan otak anak tapi jang lupa untuk tetap diawasi oleh orang tua siswa,semua game tadi dapat di dapatkan di Google play ...

Thursday, 21 April 2016

kelebihan dari media pembelajaran PowrPoint



Assalamualaikum Wr.wb



Salam sejahtera Untuk KIta semua...



Sekarang jaman sudah sangat semakin modern dan banyak pula media yang menarik untuk digunakan sebagai salah satu alat persentasi seperti warna,gambar dan animasi-animasi yang biasa diolah sendiri sesuai kteatifitas penggunanya, khususnya PowerPoint, media PowerPoint sangat berguna bagi proses sebuah pembelajaran, medi ini bisa dugunakan untuk menyapainkan materi dengan gaya yang sangat menarik dan lebih efektip,media Powerpoint dalam sebuah proses pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantarnya:

1.  Penyajian materi menjadi menarik karena memiliki warna,huruf dan animasi yang baik itu animasi gambar atau teks

2.  Lebih merangsang anak-anak untuk mengetahui lebih jauh informasi-informas tentanf bahan ajar yang tersaji dapam PowerPoint.

3.  Pesan informasi secara visual sudah dipahami oleh para perserta didik

4.  Bisa diperbanyak sesuai kebutuhan pembelajaran dan bisa di pakai dengan jangka lama

5.  Bisa disimpan dalam bentul data optic maupun magnetic sehingga praktis bibawa kemana-mana

  

Wednesday, 20 April 2016

Kelebihan Quipper School bagi pembelajaran di indonesia.....

Assalamualaikum Wr.Wb




Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.





          Apa yang disebut KBM? Iya betul “ proses belajar mengajar pada pendidikan tingkat menengah baik itu SMP atau SMA, di Indonesia sendiri semakin mudah terselenggara dengan kehadiran bberapa startup pendidikan yang sekarang lagi banyak digunakan seperti Quipper school, nah apa saja keistimewaan dari Quipper school ini? Mungkin kawan-kawan semua belum terlalu yang mengetahui apa saja kelebihan dari Quipper ini,


Nah sekarang saya akan berbagi keistimewaan  quipper school :

Yang pertama adalah quipper school  learn ini adalah sebuah link khusus siswa yang bisa siswa akses kapan saja dan dimana saja untuk mebaca materi pelajaran,menjawab soal atau quis,mengrim pertanyaan ke guru atau melihat performa teman sekeles sendiri.


Yang kedua quipper school link yaitu sebuah link yang khusus untk guru dimana para guru mampu menyimpan berbagai tugas sekolah, untu melihat perkembangan siswanya, mengirim sebuah pesan ke siswa, mengelola kelas atau membuat kelas online.

Selanjutnya dengan kata lain guru dan siswa di untungkan degan adanya quipper school ini, guru bisa memberikan tugasnya kepada siswa dengan cara online dan siswa juga bisa mengerjakannya dimana pun selama ada jaringan internet dengan menggunakan prangkat masing-masing.setelah para siswa sudah beres mengerjakan soal-soal quis atau tugas maka system penilaian yang tersedia pada platform quipper school indonesia akan otomatis malakukan analysis data tersebut dengan cara sederhana namun canggih ini sangat membantu para guru khusunya untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang poercapaian siswanya.....




tiga cara membuat PowerPoint yang baik dan benar

Assalamualaikum Wr.Wb



Salam Sejahtera Untuk Kita Semua....





                Di kurikulum 2013 ini bukan lagi guru yang mengajar atau memberikan materi tapi siswa sendiri yang harus mecari materi dan menyampaikannya didepan kelas, nah ada beberapa cara untuk menyampaikan materi di depan kelas, ada yang menggunakan cara membaca makalah atau peper, ada yang membaca dari internet,ada yang menyampaikannya dengan menggunakan PowerPoint, iya memang PowerPoint sudah tidak diragukan lagi dalam dunia pendidikan yang semakin modern, PowerPoint adalah salah satu media pembelajaran yang sering digunakan pada jaman yang sudah canggih ini,tapi masih banyak siswa yang belum mengerti bagai mana cara membuat PowerPoint persentasi yang baik dan benar,nah sekarang saya kan membagikannya kepada rekan-rekan semua bagai mana cara membuat PowerPoint yang baik untuk keberlangsungan persentasi kawan-kawan semua.tahap-tahapnya adalah:


1. Menentukan informasi yang akan disampaikan.

Kawan-kawan harus memutuskan apa yang akan kawan kawan jelaskan,sebaiknya, sebelum kawan semua membuat PowerPoint kawan semu harus menentukan pesan atau informasi utama ayang akan kawan-kawan semua sampaikan,kawan harus mampu mengumpulkan poin-poin yang mudah dipelajari dan yang akan mendukung keberlangsungan persentasi kawan-kawan semua.

 2. Siapkan informasi pendukung.

                Selanjutnya kawan semua harus mengetahui pesan yang inti dari apa yang akan kawan sampaikan,kawan semua harus menyipakan informasi pendukung dan mempersingkat informasi tersebut,ini bertujuan untuk mengefektipkan waktu yang ada dan supaya persentasi kawan semua tidak seperti yang sedang membaca atau menggerutu.

3. Merencanakan struktur persentasi

                Setelah kawan semua mengetahui informasi apa saja yang harus kawan-kawan cantumkan dalam persentasi,buatkah perencanaan sebanyak mungkin bagian prsentasi kawan semua,kawan semua harus membuat garis besar dan garis kecil pada kertas untuk mempermudah persentasi kawan semua,perbanyak materi di tulisan kecil supaya pada saat sesi pertanyaan kawan semua tidak bingung lagi.




Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan,terimakasih atas segala perhatiannya, jiak aa kekurangan mohon coment and describe...