Tuesday 12 April 2016

Berikut Tujuh Peran Guru Didalam Kelas?





Assalamualaikum Wr.Wb


Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.




     Mungkin bagi kebanyakan orang ingin menjadi seorang guru,karena guru adalah cita-cita paling mulya yang alam ibadahnya sampai keakhirat jika bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia, tapi juka didearah terpencil banyak guru yang lulusan SMA atau SMK tanpa menempuh perkuliahan keguruan, nah oleh karena itu ada ataupun masih banyak yang belum mengetahui apa saja peran guru sebagai pendidik dalam kelas, saya ingin berbagi apa saja peran guru dalam kelas diantaranya:


1. Pengajar.
                Guru harus mau membantu muris atau peserta didik yang sedang dalam tahap berekembang untuk mempelajari yang belum siswa ketahui sebelumnya.


2. Pendidik
                Guru harus mampu menjadi tokoh, oleh karena itu guru harus mempunyai standar kualitas pribadi tentunya yang mencakup tanggung jawab,wibawa,mandiri dan displin.

3. Pelatih
                Jika seorang tidak mengerti dengan sebuah masalah disekolah atau dalam mata pelajaran guru harus mampu memberi latihan atau contoh yang berbeda ini menuntut guru agar terus mau berlatih setiap saat.

4. Pembimbing
            Ini dapat dikatan sebagai salah satu kegiatan menuntut peserta didik dalam perkrmbangannya dengan memberikan langkah dan arahan sesuai dengan tujuan pendidikan.

5. Indfirator
              Guru harus mampu memberikan ilham yang baik bagi kemajuan belajar peserta didik,karena peroalan belajar adalah masalah utama anak didik.

6. Motivator

                Ini bertujuan agar guru selalu mendorong peserta didik agar lebih semangat dan aktif dalam belajar, guru harus selalu memberikan motifasi pada siswanya setiap pertemuan didalam kelas,dan jika diperlikan dilurkelas.


7. mediator 
                 Sebagai seorang mediator, guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya,karena ini bertujuan untuk mmbantu peserta didik dalam belajar dikelas supaya tidak merasa jenuh dan bosan.





No comments:

Post a Comment